Wednesday, May 9, 2012

MENGANIAYA ANAK



Tanggal hari ini, 9 mei 2012, kiriman di BlackBerry Group atau BlackBerryMessenger heboh dengan video penganiayaan batita yang menangis, dan berusaha “ditenangkan” oleh seorang perempuan. Yang jadi menghebohkan adalah, cara perempuan tersebut untuk menenangkan adalah dengan cara memukuli batita.

Hujatan pun bermunculan….

Mulai dari menyebut “wanita bangsat”, “tidak punya hati nurani”, “kejamnya ini orang tua”, “semoga membusuk di neraka”, dan hujatan lainnya.

Ceritanya sih saya mau coba melihat menyeluruh, tidak hanya melihat tindakan sang perempuan yang saya amini tidak benar. Dari sudut pandang lain, saya merasa iba kepada perempuan itu. Tampak masa lalu dari perempuan itu yang semasa kecilnya dididik dengan keras oleh lingkungannya, mungkin oleh orang tuanya. Akibatnya yang perempuan itu pahami, mendidik itu harus dengan kekerasan. Tidak ada pengetahuan lain dalam pemahamannya. Karena memang tidak ada yang mendidiknya, bagaimana cara mendidik yang baik.

Apa anda yang sudah menonton video penganiayaan anak itu hanya akan menghujat seperti kalimat-kalimat di atas?

Ataukah mulai bercermin, bagaimana sampai saat ini cara anda mendidik anak?.  

Dan mulai bertindak agar memiliki ilmu mendidik yang lebih baik lagi, agar kasus penganiayaan anak tidak terulang lagi pada generasi-generasi selanjutnya di manapun.

Karena pada umumnya…ANAK ADALAH CERMINAN ORANG TUANYA.

RMR

No comments:

Post a Comment