Friday, December 23, 2011

Yang Anda Dengar Belum Tentu Yang Sebenarnya



http://ucihasantoso.files.wordpress.com/2011/06/beda.jpg
Profil seorang manusia itu unik, ada saat-saat dimana apa yang seseorang katakan tidak sesuai dengan apa yang dikehendaki, dalam artian keren, orang itu memasang topeng. Poker Face

Sebenarnya manusia sudah diajari tentang hal ini sedari adanya bayi. Ya, bayi sampai dengan usia dapat bicara hanya akan menggunakan bahasa tubuh atau jenis suara-suara yang berbeda. Bayi yang sedang lapar, akan berbeda tangisan suaranya saat ia menangis karena buang air. Tinggal bagaimana orang tua atau orang yang ada disekitarnya mau memahami.

Saat anak mulai dapat berbicara, bahasa tubuh ini mulai diacuhkan oleh orang tua atau orang disekelilingnya. Hanya bahasa verbal yang diperdulikan. Padahal belum tentu yang anak inginkan, adalah sesuai dengan apa yang ia inginkan. Saat anak diminta ikut kursus sepakbola, belum tentu ia ingin ikut sesuai dengan kata hatinya. Ia ikut karena dipaksa bapaknya. Bisa saja ia lebih dominan di auditorinya, sehingga ia lebih senang kursus musik.

Ibaratnya gambar disamping, jangan hanya membaca berdasarkan teks, tapi lihat juga warnanya. Begitu juga dengan manusia, atau anak dalam topik pembahasan ini. Jangan hanya didengarkan ucapannya, tapi juga perhatikan bagaimana bahasa tubuhnya. Sehingga kita benar-benar dapat mengarahkan anak sebagaimana jalan yang ia senangi, sebagaimana fitrahnya.

RMR

No comments:

Post a Comment