Profil Bimbingan Belajar Segilima



Setiap manusia memiliki potensi yang berbeda, antara yang satu dengan yang lainnya. Tidak ada manusia yang diciptakan sama oleh Allah, kembar sekalipun tidak ada yang persis sama. Perbedaan sidik jari manusia, menjadi salah satu bukti fitrah perbedaan tersebut.

Apabila Allah, Sang Maha dari segalanya, telah menganugerahkan perbedaan pada makhluk ciptaan-Nya, manusia, maka apabila direnungkan lebih lanjut manusia pun seharusnya diperlakukan, dididik secara berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Bimbingan belajar SEGILIMA adalah bimbingan belajar yang mengacu pada fitrah perbedaan manusia. Jadi pembimbing anak TIDAK AKAN memaksakan cara belajar tipe pembimbing kepada anak, apabila telilhat anak tidak nyaman, tidak menikmati. Tapi akan diterapkan cara belajar dimana anak merasa nyaman, dapat menikmati belajarnya, sesuai karakter anak tersebut.
Prof. Howard Gardner, seorang psikolog dan pakar ilmu saraf dari Universitas Havard, AS pada tahun 1983 telah mengkristalkan konsep teori kecerdasan yang disebutnya “Multiple Intelligences” atau Kecerdasan Majemuk/Ganda. Sampai dengan saat ini, menurut beliau ada 9 kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh anak, yaitu :
1. VISUAL/SPATIAL (Cerdas Gambar/Picture Smart)
2. VERBAL/LINGUISTIC (Cerdas Kata/Word Smart)
3. MATHEMATICAL/LOGICAL (CerdasLogika-Mateamatik/Logic Smart)
4. BODILY/KINESTHETIC (Cerdas Tubuh/Body Smart)
5. MUSICAL/RHYTHMIC (Cerdas Musik/Music Smart)
6. INTRAPERSONAL (Cerdas Diri/Self Smart)
7. INTERPERSONAL (Cerdas Bergaul/People Smart)
8. NATURALIST (Cerdas Alam/Nature Smart)
 9. EXISTENTIAL (Cerdas Makna/Existence Smart)
(Info Kecerdasan Majemuk http://www.wyethindonesia.com/$$Multiple%20Intelligences.html?menu_id=66&menu_item_id=4)

Kami yakin, sangat mungkin untuk dapat bertambahnya jumlah pengkategorian kecerdasan majemuk manusia, karena potensi manusia yang luar biasa. Maka dari itu kami mengatakan bahwa bimbingan belajar segilima mengacu pada fitrah perbedaan manusia, bukan mengacu pada kecerdasan majemuk.
Proses mendidik yang baik, hemat kami, selain mengacu pada potensi unik setiap manusia, juga dengan membentuk moral. Menjadi komitmen kami untuk beriktiar maksimal, bekerja sama dengan orang tua murid, untuk MEMPRIORITASKAN PEMBENTUKKAN KARAKTER YANG BERMORAL, tidak sekedar mengejar angka pada tugas, ulangan, atau rapor sekalipun.

Bimbingan belajar segilima memiliki fokus  untuk mendidik anak usia Sekolah Dasar (S.D) dan Sekolah Menengah Pertama (S.MP.) agar memiliki karakter yang bermoral dan menyiapkan anak untuk menghadap soal-soal ujian di sekolahnya .